Jangan Kesal Ketika Anak Aktif, Bersyukurlah Bunda dan Cukupi Nutrisinya.


Apapun benda  yang menarik di matanya dibuat sesuai imajinya. kalaupun sedang fokus terhadap sesuatu, beberapa anggota tubuhnya tetap bergerak, sebentar-bentar bertanya, mengoceh atau bergerak mengikuti suara/irama.

Emil anak yang tidak bisa diam.

Hampir setiap hari, Emil tidak bisa diam, ada saja yang dilakukan, diajak untuk istirahat siangpun ia lebih memilih mencari kesibukan, sesekali melompat, rolling ke depan, kemudian berlari dan mendorong-dorong keranjang pakaian.

Seperti sekarang ia sedang bersepeda di halaman rumah, dari jauh sepeda dikayuhnya kencang sambil berteriak.

“Awas ada speed bump!” katanya, padahal hanya permukaan semen yang tidak rata dari salah satu sisi lantai garasi.

Kalau sudah begini saya hanya biarkan saja sampai ia lelah, berbaring dan tertidur.

Apakah Emil aktif atau Hiperaktif ?

Menurut tayangan dialog bersama psikolog Lestari Diah, M.Psi., anak aktif dan hiperaktif itu tipis sekali perbedaannya, namun bisa dikenali pembedanya, berikut cirinya :

  1. Anak aktif mengetahui tujuan dia bergerak, jika ingin bermain bola dia akan mengambil bola, berbeda dengan anak hiperaktif yang tidak tahu tujuannya ia bergerak.
  2. Anak aktif menyalurkan energinya, sehingga anak aktif mempunyai waktu lelah, sedangkan anak hiperaktif membutuhkan waktu dengan durasi yang lama untuk menyalurkan energinya dan tidak bisa berhenti untuk mengontrol dirinya.

“Maaa..tangkap!”

Tiba-tiba sebuah bola karet mendarat di kepala saya, ia pun tergelak, saya bersyukur diusianya yang saat ini sudah menginjak 3,5 tahun, energinya semakin berlimpah, tubuhnya makin meninggi, bobotnya makin bertambah, kosa kata dan pelafalannya pun makin banyak dan jelas, susunan angka,hijaiyah dan abjad berhasil dibacanya, termasuk huruf yang sulit seperti ‘R’.

“Ma ada pesawat…liat..liat banana moon.. werrrrrrrrr” – *banana moon = bulan sabit,bentuk seperti pisang kuning

Akhir-akhir ini Emil suka sekali  menghubung-hubungkan hal dengan sesuatu lain yang terkadang tidak nyambung dan mengulang-ulang perkataan, hal tersebut yang membuat kami harus berhati-hati memilih kata-kata ketika berbicara dengannya.

Emil : Apukat diblender jadi jus, Sapi diblender jadi susu
Saya : Bukan, tapi Sapi diperah diambil susunya.

Anak Aktif Tulang Sehat

Keaktifan Emil dan segala ocehan pertanyaan yang keluar dari bibirnya terkadang membuat saya agak kewalahan, apalagi jika ada urusan pekerjaan yang harus segera diselesaikan, rasanya saya ingin menyodorkan gadget saja agar dia tenang barang sejenak, namun peraturan tidak tertulis tentang penggunaan gadget di keluarga kami, membuat saya urung.

Anak berusia 1-5 tahun direkomendasikan untuk aktif bergerak paling tidak 3 jam setiap hari

Department of Health and Ageing, Australia

Karena #aktifitusehat, maka saya tidak ingin Emil terpaku pada gadgetnya dan terjebak dalam sedentary lifestyle, membuat ia apatis dengan lingkungan sekitar dan malas bergerak, sehingga berdampak pada kesehatan tubuhnya.

Sedentary lifestyle / gaya hidup kurang gerak pada anak bisa menyebabkan obesitas dan menurunkan tingkat koordinasi motoriknya

sumber : Kompas Lifestyle

Karena itulah, kami berikan ketegasan positif untuk segala aktifitasnya. Boleh, asal tidak berdampak negatif untuk dirinya atau orang lain di sekitar.

Keaktifannya juga saya salurkan dengan permainan/kegiatan luar ruangan yang ia sukai, kegiatan ini cukup sederhana namun dapat membuat Emil fokus, bergerak, berkeringat dan membuat ia senang :

  • Bersepeda
  • Bermain bola
  • Bermain pasir / air
  • Lari
  • Jalan-jalan

“Jangan berikan anak banyak larangan, berikan dia kegiatan yang aktif dan tetap diawasi. Anak yang aktif jika sering dilarang, maka ia akan merasa frustasi dan nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang memberontak”


Lestari Diah, M.Psi

Karena sadar Emil sangat aktif dan energi yang dikeluarkannya banyak, saya berusaha memberikan asupan makanan cukup nutrisi dan tinggi kalsium sebagai bahan bakarnya untuk beraktifitas dan mendukung tumbuh kembangnya, terutama tulangnya

Dan salah satu sumber kalsium yang dibutuhkan Emil terdapat dalam susu.

Lalu, Hubungannya Susu Dengan Keaktifan Emil Apa ?

Susu adalah cairan bergizi yang sudah akrab sejak Emil masih bayi ini merupakan salah satu sumber protein yang mudah dicerna dan sumber kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Selain itu juga di dalam susu terkandung protein serta karbohidrat, yang akan memberikan anak energi.

Karena aktif itu bergerak maka tulang anak juga harus sehat, disitulah asupan kalsium diperlukan, untuk pemadatan tulangnya agar lincah bergerak dan selalu berenergi, sehingga metabolisme tubuh lancar,  anak tumbuh sehat.

Aktif itu bergerak,maka tulang anak harus sehat, perlu kalsium untuk pemadatan tulangnya.

Dari artikel yang pernah saya baca, selain untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium mampu menjaga perkembangan fungsi otot dan saraf, tidak hanya itu saja kalsium juga membantu melancarkan pengeluaran hormon yang dibutuhkan tubuh.

Kalsium juga menjaga fungsi otot sehingga membuat anak mampu bergerak aktif dan tulang dapat tumbuh lebih tinggi.

Dan salah satu susu yang mempunyai sumber kalsium serta vitamin yang dibutuhkan disamping makanannya sehari-hari dalam menunjang keaktifan dan tumbuh kembangnya ini terdapat di dalam susu Indomilk UHT Kids Full Cream.

Nah, saya akan review susu UHT ini.

Indomilk UHT Kids Full Cream, Apa Istimewanya? ini 7 Faktanya

  1. Halal dan BPOM RI MD 400210093157
  2. Lezat, Gurih dan Segar tanpa  Tambahan Gula dan Garam
  3. Mudah, Murah dan berkualitas
  4. Nutrisi padat dan lengkap
  5. Ukurannya yang mungil dan nyaman di perut anak
  6. Susu UHT Bebas Pengawet
  7. Tidak Cocok Untuk Bayi 0-12 bulan

Tentang susu tanpa gula dan garam, Emil sudah saya kenalkan dengan susu UHT sejak ia lepas ASI di usia 2 tahun.

Beberapa merek susu UHT khusus anak, juga sudah dicoba, semua enak menurut Emil, tapi bagi saya, beberapa susu anak terasa enek dan terkadang mempunya manis berlebih atau asin di lidah saya.

Catatan : Ada beberapa susu UHT anak Full cream merek lain yang menggunakan gula (2-3 gram/kemasan), jadi perhatikan komposisi di balik kemasannya.

American Dietetic Association, mengatakan pemberian gula dapat membuat anak ‘malas’ menyantap makanan sehat dan berkontribusi pada kerusakan gigi.

Pengalaman masa kecil saya yang selalu berurusan dengan dokter gigi hingga saat ini membuat saya sangat memperhatikan kesehatan gigi Emil, saya tidak ingin Emil mempunyai nasib gigis / karies seperti saya.

Ya, memang gigi sulung anak akan tanggal dan tergantikan dengan gigi permanen, namun gigi sulung yang rusak akan berdampak luas terhadap kesehatan tubuh dan jiwanya, seperti tumbuhnya gigi permanen yang berantakan atau menjadi bahan ledekan teman, tentunya saya tidak ingin hal tersebut terjadi pada Emil

Pemberian garam pada bayi dan anak dibawah 11 tahun secara berlebih hanya akan membuat ginjal mereka yang masih muda akan bekerja lebih berat.

Walaupun Indomilk UHT kids Full cream ini adalah susu tanpa garam (natrium klorida) dan susu tanpa gula, karena full cream rasa yang dihasilkan terasa lezat, gurih dan segar alami.

Rasa lezat Indomilk UHT kids Full cream ini berasal dari lemak susu sapi segar, lemak ini juga salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak, sebagai pembangun jaringan tubuh, system saraf dan hormon.

Susu Indomilk UHT Kids Full Cream mengandung Natrium Sodium

Dari artikel kesehatan yang saya baca, lemak membantu dalam penyerapan vitamin A,D,E dan K jenis vitamin yang  juga terdapat di dalam Susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini.

Untuk Emil sendiri yang aktif, Susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini terbukti tidak cepat membuat ia haus

Catatan : Salah satu ciri yang mudah dirasakan, susu tanpa garam tidak cepat membuat haus dan tenggorokan kering.

Mudah, Murah dan berkualitas, Seperti yang saya rasakan ketika masih menyusui Emil, ASI bagi saya adalah pasokan nutrisi yang mudah dan murah untuk si kecil, tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi, tidak perlu kerepotan ekstra untuk menyiapkan sebotol air susu berkualitas untuk si kecil.

Sama halnya dengan susu Indomilk UHT kids full cream ini, semakin si kecil bertumbuh aktifitasnya pun makin banyak, jangkauan jelajahnya makin luas, saya pun lebih memilih susu jenis UHT karena mudah dibawa jika sedang berkegiatan diluar ruangan, Indomilk UHT Kids Full Cream ini juga gampang banget didapat dan sangat terjangkau harganya ( Rp 2.600 – Rp 3.000 ) untuk semua nutrisi berkualitas yang ada di dalamnya.

Nutrisinya pun tetap terjaga, Karena diproses dengan Ultra High Temperature (UHT) menjadikan susu Indomilk UHT kids full cream ini bisa tahan tanpa disimpan dalam lemari pendingin atau dipanaskan lagi, praktis banget.

Nutrisi padat dan lengkap, dalam setiap kemasan 115 ml, susu Indomilk UHT kids full cream menyediakan energi total  60 kkal, Indomilk UHT kids full cream juga mengandung lemak, protein, karbohidrat, natrium, kalium,Vitamin A, vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Kalsium, Fosfor serta biotin yang berfungsi merubah semua unsur yang masuk tersebut menjadi energi , selain itu juga terdapat zinc dan zat besi  yang ditambahkan dalam jumlah seimbang, untuk mengoptimalkan kecerdasan anak.

Catatan : Tidak semua jenis susu UHT merek lain, termasuk yang lebih mahal, mempunyai nutrisi padat dan lengkap seperti yang ada di Indomilk UHT Kids Full Cream

Ukurannya kemasannya mungil, nyaman di perut anak, menurut saya ukuran kemasan indomilk UHT Kids Full cream ini pas, 115 ml. karena bagi saya dengan ukuran kecil seperti ini, memberikan ruang dalam tubuh anak untuk menerima asupan makanan lain seperti buah, sayuran dan daging. sehingga nutrisi yang masuk kedalam tubuhnya bisa maksimal, jadi anak tidak kenyang susu saja.

Selain itu susu ini tidak menimbulkan gangguan di perut / pencernaan Emil

Catatan : Untuk warna kemasan hampir sekilas serupa dengan susu Indomilk UHT Kids rasa Vanila, perbedaanya Full Cream berwarna cyan putih, sedangkan rasa Vanila kemasannya berwarna biru putih.

Susu UHT tidak awet, nah ini kekurangan sekaligus kelebihan dari susu Indomilk UHT kids full cream adalah masa simpannya pendek sekitar 6 bulan saja dalam kondisi kotak belum dibuka, berbeda dengan susu bubuk/formula yang bisa mencapai masa pemakaian hingga 1 tahun lebih.

Namun bagi saya, masa simpan yang singkat ini menandakan bahwa susu Indomilk UHT kids full cream bebas pengawet karena diproses dalam suhu yang tinggi ( Ultra High Temperature – UHT) hingga 135 derajat, selama minimal 2 detik, pemanasan ini  berguna membunuh mikroorganisme berbahaya yang mungkin terdapat dalam hasil perahan sapi tanpa merusak/mengurangi kandungan gizinya.

Dilihat dari kualitas, Sterilisasi UHT lebih baik karena dapat menyelamatkan nilai gizi, sedangkan susu bubuk berasal dari susu segar yang dikeringkan menyebabkan kerusakan protein sebesar 30%.

Penyimpanan hasil akhir susu pun dalam kemasan aseptik Tetra Pak yang kuat serta ramah lingkungan dan memiliki 3 lapisan agar susu terlindungi dari zat yang mengakibatkan nutrisi susu rusak/berkurang.

Nah sudah tahu kan fakta-fakta tentang susu Indomilk UHT kids full cream, berikut tips memilih susu UHT yang baik untuk dikonsumsi :

  1. Kemasan, perhatikan kemasan dan tanggal kadaluarsa, kemasan yang baik biasanya rapat dan  tidak menggembung, apalagi bocor.
  2. Perhatikan volume susu, jika anak masih balita ada baiknya pilih susu UHT yang berukuran kecil, agar bisa segera dikonsumsi tanpa harus menyimpannya lagi.
  3. Kadar gula, sebisa mungkin pilih susu UHT tanpa mengandung pemanis tambahan, kalaupun anak suka yang manis pilihlah susu dengan kadar gula yang rendah.
  4. Cicipi terlebih dahulu sebelum memberikannya ke anak, agar orang tua bisa mendeteksi rasa sebelum diberikan.
  5. Perhatikan usia anak sebelum memberikan susu UHT, karena susu UHT tidak diberikan pada bayi berusia 12 bulan ke bawah, karena belum mampu mencerna susu sapi yang kaya protein tersebut.

Anak Sehat, Dengan Bergerak Aktif Sejak Dini

Pada dasarnya dunia anak adalah dunia bermain dan bergerak aktif, maka membiarkan Emil aktif dengan mengajaknya terbiasa bermain di luar ruangan sejak dini membuat Emil lebih ceria, percaya diri, cepat tangkap dan bersemangat, wajahnya selalu bahagia dan puas jika ia bermain bebas di luar ruangan.

Secara tidak langsung Emil mengajarkan kepada saya bahwa tidak ada hari yang biasa semua hari adalah istimewa, setiap hari harus dijalani dengan berenergi, tidak mengapa menangis, tidak masalah jika terluka selebihnya banyaklah tertawa, berpositiflah selalu terhadap siapa saja.

Bermain di luar ruangan, bertemu dengan teman sebaya, bercanda dan bercerita dengan kami sebagai orangtuanya, mungkin suatu hal sederhana yang akan menjadi momen sempurna bagi Emil yang cepat atau lambat tanpa kami sadari ia akan meniggalkan masa-masa kecilnya dan beranjak dewasa.

Bunda, jangan kesal ketika anak aktif, jauhkan sejenak gawaimu, ajak si kecil bermain di luar, mengenal lingkungannya, ijinkan ia berekplorasi sesuai imajinya biarkan ia bergerak agar tulangnya tumbuh sehat dan kuat, cukupilah nutrisi  serta energinya dengan sekotak amunisi untuk anak aktif, Susu Indomilk UHT Kids Full Cream.

Semakin beragam aktifitas, semakin besar kesempatan anak mengeksplorasi bakatnya.

Dikutip dari Takita Pencerita

Ayo Bunda sebarkan kebaikan susu dan tulis pengalaman aktif bersama si kecil dengan mengikuti blog competition dari #IndomilkUHTKidsFullCream karena #AktifituSehat, yuk ikutan! total hadiahnya 15 Juta Rupiah lho, lumayan kan buat beli susu anak.

Klik infonya di sini

Sumber :
1. dr. Amanda Soebadi, Sp.A – dalam tayangan IMS Net Tv
2. drg. Kurnia Ayu – kulwap, Menjaga Kesehatan Gigi Keluarga
3. dr. Eni Yulvia S – alodokter.com
4. Indomilk.com
5. Republika.com
6. Halodoc
7. Tetrapak.com

6 thoughts on “Jangan Kesal Ketika Anak Aktif, Bersyukurlah Bunda dan Cukupi Nutrisinya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>