Resep Kulit Lumpia Anti Sobek Ala Pak Suami.


Siapa suka lumpia?

Lumpia ini salah satu camilan kesukaan saya, tiap kali bulan puasa tiba, hampir setiap minggu ada saja sajian lumpia goreng di meja makan di rumah.  Entah itu dengan isian rebung / sayur dan ayam, makannyapun dengan dicocol saus sambal asam manis atau sambil gigit Lombok ijo rawit, minumnya pakai teh anget.

Ya Allah nyammm banget lah.

Baca juga : Makan buah eksotis Kalmantan Timur

Tapi sejak merantau dan gak punya bekal masak memasak yang cukup, ketika pingin lumpia, saya akhirnya selalu beli. Pikir-pikir kalo beli melulu kan boros duit, dan belum tentu terjamin kebersihannya.

Sok idelah saya mencoba membuat olahan kulit lumpia, dengan melihat resep dari internet, sayangnya berakhir gagal.

Sayapun memutuskan membeli kulit instan di warung, lebih praktis tinggal buat isi lumpia saja. Isian jadi kulit lumpia instan ready, tinggal gulung-gulung goreng lalu nyamm, mudah sekali.

Namun ketika gulungan lumpia pertama masuk mulut. Astagaa.. ternyata kulit lumpia yang direkomen ibu warung tidak enak sodara. Seperti dibumbui pengawet, gurih pun tidak. Saya kecewa, gak lagi deh beli kulit lumpia instan, kecuali mereknya jelas.

Berbagai resep kulit lumpia anti sobek yang saya lihat dari internet saya coba, cara buatnya pun tradisional, ibu-ibu banget. Adonan dituang ke Loyang lalu teflon diputar sampai rata seluruhnya.

Ealah..robek dan ketebalan, berakhir gagal maning.

Sampai pada suatu ketika pak suami ikut penasaran juga, kenapa membuat kulit lumpia menjadi persoalan yang sangat penting, khususnya ibu-ibu rumah tangga HAHAHA..

Diam diam browsing lah dia dan menemukan sebuah video cara membuat kulit lumpia semarang. Ini gambarnya.

Adonan kulit dioles langsung ke wajan biasa

Di situ terlihat seorang yang terlihat pro dalam membuat olahan kulit lumpia. Cara membuat kulitnya pun berbeda dengan cara saya dengan memutar teflon

Mereka, dengan adonan lumpia mantul-mantul, tangannya cekatan mengoles-oles adonan di atas wajan panas, di wajan loh bukan teflon, kulit lumpia pun terbentuk mulus anti robek.

Penasaran dong Pak suami.

Cara ini pun dicoba, dengan perhitungan tepung dan air sesuai resep, adonan kulit lumpia berhasil terbentuk di tangan, sedikit lengket dan terasa mantul-mantul. Setelah siap dioleslah adonan tersebut langsung di atas teflon.

Ternyata gagal, kulit lumpia terlalu tebal dan mudah sobek.

Kembali  dicoba lagi di atas wajan biasa, sebelumnya permukaan dioles minyak, ternyata percobaan kedua, setali tiga uang.

Hingga percobaan ketiga, masih juga gagal. Kulit lumpia terlalu tipis hingga menjadi crispi, gak bisa dilipat, tidak cantik hasilnya.

Dan pak suami berhenti melakukan percobaan  pada hari pertama.

Saya kira akan selesai sampai di situ,ternyata percobaan membuat kulit lumpia berlanjut hari berikutnya.

Pak suami kembali menimbang tepung, memasukan air dan mengaduk-aduk hingga dapat kekentalan yang pas.

Percobaan keempat dimulai.

Teflon besar diletakkan di atas kompor , api mulai dinyalakan dengan ukuran sedang, adonan dalam baskom kembali diaduk-aduk.

“Oke, ada kuas kecil”

“Ok pakai kuas ??” tanya saya

Kuas kecil dicelupkan ke dalam adonan, dengan cekatan kuas tersebut disapukan di atas permukaan Teflon hingga menutupi seluruh permukaan Teflon.

Setelah terlihat merata dan dirasa cukup, lembaran kulit lumpia yang sudah matang diangkat. Awalnya kurang cantik, karena masih terdapat bolong bolong di pinggiran kulit dan permukaan yang tidak rata.

Semakin mencoba, kulit lumpia mendekati sempurna, menurut saya. Tidak ada bolong, tidak terlalu garing, lebarnya cukup dan yang terpenting tidak mudah sobek.

Ini hasil kulit lumpia anti sobek tanpa telur

Bagaimana caranya ?

Ini dia resep olahan kulit lumpia tanpa telur ala pak suami.

Siapkan Bahan dan baskom untuk adonan tepung

Tepung terigu merek apa saja, garam dan air, untuk perbandingan volume antara tepung dan air adalah 1 : 1. Yang artinya jika menggunakan 1 gelas tepung maka airnya adalah 1 gelas juga. Sebelum tepung masuk ke dalam baskom ada baiknya tepung disaring / diayak terlebih dahulu agar yakin bersih. Dan jangan lupa ditambahkan garam agar terasa gurih.

Setelah itu tuangkan air perlahan hingga adonan tercampur rata. Bila adonan tidak bergrindil barulah lanjut ketahap selanjutnya.

Gunakan teflon datar / wajan anti lengket.

Walaupun menggunakan Teflon sebaiknya ketika mulai memasak permukaan Teflon diolesi terlebih dahulu menggunakan mentega atau sedikit minyak, supaya tidak ada resiko kulit jadi lengket, kecuali perajin kulit lumpia tadi yang sudah pro, pakai wajan biasa saja bisa menghasilkan adonan kulit lumpia yang mulus sempurna.

Atau kalau tidak ingin repot selalu mengoles permukaan Teflon, bisa campurkan sedikit minyak ke dalam adonan tepung.

Memasak dengan api kecil

Karena kulit lumpia cepat matang, maka selalu gunakan api kecil agar matangnya merata

Buat kulit Lumpia tidak terlalu tebal

Celupkan kuas, kedalam adonan lalu segera oles merata ke seluruh permukaan Teflon.Kulit lumpia yang sudah matang akan terlihat sedikit mengelupas pada bagian pinggir sehingga kita mudah mengambilnya.

gsk perlu dibolak balik, langsung angkat saja ika sudah terlihat matang

Bagaimana hasil olahan kulit lumpia pak suami, menurut saya ?

  1. Teksturnya cukup lembut
  2. Tipis
  3. Tidak mudah robek
  4. Lebarnya pas.
  5. Menyenangkan, saya minta dibuatkan agak banyakan, untuk stok camilan.
Telur di samping buat ngelem kulit

Karena cukup sukses, dengan hasil kulit lumpia, hari berikutnya pak suami mencoba membuat olahan dari tepung terigu lagi, yaitu bakpao, saya kebagian membuat isiannya saja.

Nah bagaimana rupa bakpao ekperimen pertama yang kami buat, nantilah saya cerita di artikel berikutnya.

“ Wahh lumayan lah, hehehe besok kalo mudik bawa kuas ini aja, mau buat kulit lumpia di rumah “ kata pak suami.

Kalau cara kalian bagaimana membuat kulit lumpia anti sobek ? atau pernah punya pengalaman yang sama? Yuk berbagi cerita.

(^_^)>

2 komentar untuk “ Resep Kulit Lumpia Anti Sobek Ala Pak Suami. ”

  1. Aris Armunanto berkata:

    Kompak sekali mbak bikin kulit lumpia sama pak suami, akhirnya ketemu resep yg pas nggak sobek jadi lumpianya enak dimakan renyah. Saya suka sekali lumpia cuma jarang makannya hehehe

    1. megasavithri berkata:

      hehehe..iya lebih mantab dan puas buatan sendiri walaupun sedikit repot, terimakasih sudah berkunjung mas aris 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares