Diary

Pindah Ke TLD dengan Jagoan Hosting ( 1 )

Hallo..

Ini adalah postingan pertama saya di tahun 2018 dan postingan pertama saya di domain yang baru. Alamat blog saya yang lama ada di megasavithri.wordpress.com

Sebetulnya pindah dari gratisan ke TLD ini gak ada rencana nya sama sekali, tapi sempat saya diskusikan bareng pak suami, tentang bagaimana caranya, apa untung ruginya dan lain lain.

Sebetulnya saya masih enjoy dan sayang dengan domain gratisan saya yang lama, rencana untuk pindah domain TLD juga bukan prioritas, lebih mikir mau nulis apa selanjutnya dan mau posting photo apa di Instagram biar gallery bagus dan gak ngasal..hehe.

Hingga hari sabtu lalu ketika saya masih bau kecut dan belum mandi, hari juga masih pagi dan bocah masih belum bangun dari tidurnya, saya bukalah laptop, tanpa pikir lagi saya  beli domain di Jagoan Hosting.

Ketik sana dan sini, input data ini dan itu, karena saya masih awam dan ngeblank. Akhirnya saya tunggu pak suami untuk membantu langkah langkah selanjutnya.

“ sudah ini tinggal bayar aja “

Okelah saya bayar, dan masalah pun di mulai.

“ kok belum ada pemberitahuan? Kok aku gak bisa masuk ke Jagoan Hosting ? “ akhirnya saya ketik ketik dan tanpa sengaja saya buat akun lagi di jagoan hosting, setelah berhasil masuk, jejak hasil registrasi dan pembayaran tidak ada.

“ huaahhh..ini mana kok gak ada jejak, email notifikasi pun gak ada masuk “ kepala saya langsung cenat cenut.

“ mamaaaakkkkk…”Emil pun teriak dari dalam kamar, minta gendong

“ sebentar..pak minta tolong “ saya pun lari ke kamar menggendong Emil dan akhirnya laptop saya diambil alih pak suami.

“ ini bisa jadi kamu salah masukan email ketika registrasi, aku udah tanya ke Jagoan Hosting tapi belum ada balasan, mungkin ini hari sabtu ya, kan biasanya sabtu minggu kantor kantor pada gak aktif kerja “

Wuaaaa..salah masukan email? Kok bisa ? padahal saya yakin, saya gak salah input.

Kemudian saya pikir pikir lagi, iya ya bisa jadi saya tanpa sengaja kurang masukan abjad atau angka, main ok aja, gak  periksa dulu kebenaran datanya,

PENTING : Periksa benar benar data anda, kata demi kata, huruf demi huruf.

Akhirnya saya mencoba untuk sabar menunggu jawaban dari Jagoan Hosting, sambil menemani Emil main, masak dan kegiatan rumah tangga lainnya, untuk mengalihkan ke sumpekan saya karena salah masukan data.

Beberapa jam kemudian saya teringat, kalau saya tadi sempat mendokumentasikan langkah langkah registrasi saya ketika akan pindah domain di Jagoan Hosting, saya bukalah file hasil capturan saya dan benar saja saya salah masukan alamat email.

Seharusnya alamat email saya adalah megasavithri21 tapi tanpa kesadaran saya tulis megasaithri21, kurang huruf V, kok bisa?, ternyata setelah saya cek kibor laptop saya, hurup V nya mulai gak sensitif..huahhhhh..piye iki.. pantesan gak terima email apapun.

Saya pun login dengan nama user megasaithri yang kurang huruf V ya, setelah login pak suami menyarankan tambahkan sub email karena megasaithri udah gak bisa diubah lagi, kalau bisa pakai email yang lain, karena email email sebelumnya udah gak bisa kepakai karena sudah saya pakai login berulang kali ketika mencoba  masuk.

Menyesal saya.

PENTING : jika punya alamat email lebih, ada baiknya sub domain diisi untuk mencegah kesalahan ketik alamat email.

Singkat cerita saya masukan email yahoo saya yang sudah lama sekali gak pernah saya buka, karena hanya tersisa itu saja.

Setelah beres, saya pun menunggu beberapa jam untuk pengaktifan domain, kata pak suami bisa jadi memakan waktu 24 jam, jadi ya tunggu saja.

Dan yeayy..saya pun akhirnya memiliki domain TLD, blog di wordpress saya back up terlebih dahulu dan dengan dibantu pak suami saya pindahkan ke domain yang baru.

PENTING : Back up data berkala

Kata pak suami. “ domain lama biarin saja sekarang kalau mau posting posting di domain yang baru saja, nanti kamu bisa posting artikel tentang pindah domain kamu di megasavithri.wordpress “

“ oke deh “

Dan permasalahan selanjutnya pun dimulai, nanti saya lanjut cerita lagi..karena saya mumet..kenapa ini harus terjadi, saya gak bisa login di wordpress saya yang lama.

PENTING : Kalau ingin  pindah domain, suasana harus tenang dan gak panik, agar gak terjadi masalah masalah salah ketik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *