Membuat Anatomy Edit Dengan Aplikasi Edit Foto Kekinian

Cara edit foto dengan Picsart


Entah ada angin apa setelah pekerjaan domestik selesai saya yang pemalas ini tiba tiba pengen menjajal aplikasi edit foto kekinian, dengan tambahan grafis di dalamnya.

Biasanya photo hasil jepretan dari hp jadul, semua saya edit standar  sebatas tone warna, mencerahkan atau menambah watermark. Kalau mau heboh sedikit saya masukan ke Photosop. Alasannya sih biar mata lebih lega, jari tangan juga leluasa bergerak pakai mouse.

Eh tapi ngomong-ngomong, hp sekarang makin canggih ya?.

Saya masih ingat banget jaman kuliah kalau mau edit photo, walaupun sekedar untuk nge-crop, mencerahkan warna, membuat kolase kudu pakai software Photoshop  yang terinstal di komputer atau laptop.

Itupun kadang dikombinasikan dengan software lain, kalau ingin menghasilkan image anti mainstream, bisa dengan Corel Draw, Freehand atau Illustrator.

Tapi laptop juga sepertinya dulu belum sebanyak sekarang yang mendukung kegiatan multimedia.

Sekarang, olah gambar digital sederhana pun bisa dilakukan melalui smartphone, dengan aplikasi-aplikasi  yang diunduh bebas di Playstore, bahkan edit video juga bisa menggunakan smartphone.

Luar biasa lah.

Tapi sekarang saya tidak akan membahas tentang software-software di atas. Kali ini saya ingin mencoba hal yang sepertinya belum pernah saya lakukan.

Baca juga : Memotret anak tanpa memperlihatkan wajah

Ini karena saya penasaran dengan beberapa postingan kreatif para pengguna instagram yang mampu mengolah hasil photonya menjadi semakin menarik.

Ini Dia Cara Edit Foto Dengan PicsArt

Sempat bingung juga bagaimana cara buatnya kalau lewat smartphone. pakai aplikasi apa ? template apa?. Tapi saya emoh nanya, cari tau sendiri aja :)).

Sampai akhirnya aplikasi edit foto kekinian yang berhasil saya utak atik adalah anatomy edit dengan menggunakan aplikasi PicsArt.

Anatomy edit

Sebagai bahan percobaannya saya akan mengolah photo Emil dengan tema tersebut. Menggunakan aplikasi yang ada di smartphone saya, yaitu PicsArt.

Sepertinya sih ini cocok buat para beauty / fashion blogger .

Baca juga : Cara membersihkan kamera Hp

Sekedar intermezzo, saya tuliskan  kondisi terakhir Sony smartphone yang sudah hampir 3 tahun bersama dan dimanfaatkan untuk ‘kerja rodi’ ( jualan, photo-photo, edit, browsing dan chit chat )

  1. Merek Sony xperia Z1
  2. Penutupnya cuil, jadi sudah gak anti air lagi
  3. Memory hampir full 75%
  4. Gampang panas
  5. Cepet ngedrop
  6. Miskin aplikasi edit

Sebab itulah makin mendukung saya malas ngedit heboh di smartphone.  lagipula sering mengolah photo ala ala grafis di smartphone sepertinya akan semakin membuat mata saya β€˜sehat’- HAHAHA.

10 Menit Membuat Anatomy Edit

Baiklah saya  coba menuliskan tutorial PicsArt kekinian.

Pertama yang harus dipersiapkan adalah smartphone, selanjutnya kalian hanya perlu aplikasi PicsArt, kalau belum silahkan download terlebih dahulu di Play store

Langkah 1 dan 2 : Buka aplikasi dan klik tombol plus
  • Download aplikasi  PicsArts
  • Klik tombol plus pada bagian tengah untuk memulai start editing.
Langkah 3 : pilih photo yang akan diedit
  • Pilih photo seseorang yang kalian sayangi, hewan kesayangan juga gak masalah, suka-suka lah.
  • Lalu buat duplicatenya dengan add photo. sesuai penambahan jumlah detail gambar yang ingin ditampilkan. Kalau ingin menampilkan potongan gambar mata, bibir dan alis maka kalian harus tap-tap di photo yang kalian pilih sebanyak 3 kali. lalu add
Langkah 4 : Klik add dan pilih crop tools
  • Pilih crop tools, crop gambar yang kalian add tadi. Crop mata lalu klik centang, crop bibir lalu klik centang dst. Oiya sebelum klik centang, potongan gambar tersebut bisa kalian move sesuai selera, kiri kanan atas bawah terserah saja.
Langkah 5 : Pilih draw tools lalu mulai bentuk garis sesuai bentukan crop
  • Setelah menjadi potongan-potongan gambar, klik centang dan pilih draw tools – draw, pilih warna yang sesuai kemudian atur ketebalan outlinenya. Bentuk garis mengikuti potongan gambar yang sudah kalian crop tadi.
  • Selesai  membingkai potongan gambar dengan draw tools, klik centang
  1. Pilih brushes tools untuk membuat garis putus putus sebagai aksen seperti ini.
  2. Tambahkan text
  3. Share to terserah anda – done.
Kreasikan sesuai keinginanmu

Mata saya pegel.. oke deh selamat utak atik photo kesayanganmu di PicsArt ya. Semoga tutorial edit photo receh ini bermanfaat.

(^_^)>

8 komentar untuk “ Membuat Anatomy Edit Dengan Aplikasi Edit Foto Kekinian ”

  1. ahh, thanks mba atas tutorialnya. jadi nambah ilmu ngedit nihh.. πŸ™‚

    1. megasavithri berkata:

      sama-sama mba, selamat mencoba πŸ™‚

  2. Wah… Lucu! Baru tau bisa bikin begini. Kirain ada templatenya khusus di picsart. Kreatif banget mbak. Thank you sharingnya ya… πŸ™‚

    1. megasavithri berkata:

      sama-sama mba, terimakasih sudah berkunjung πŸ™‚

  3. Gita berkata:

    Dulu sempat install aplikasi picsart ini tapi entah kenapa ku un-install soalnya jarang dipake..n skrg baca postingan ini jd pengen nginstall picsart lg deh hihi

    1. megasavithri berkata:

      iya mba diinstall lagi aja hehehe…

  4. nur rochma berkata:

    Ini mencerahkan banget. Sudah ada app picarts, tapi pakainya cuma gitu-gitu aja alias jarang. Aku bingung buat apa aja. Secara aku termasuk malas ngedit, paling buat mencerahkan, kontras, crop, watermark.

    1. megasavithri berkata:

      Alhamdulilah kalau bermanfaat mb πŸ™‚ terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares