Meluruskan Gambar Dengan Aplikasi Edit Foto Android

Aplikasi edit kekinian ini bisa meluruskan fotomu

Jaman sekarang aplikasi edit foto android sudah banyak sekali ditemukan. Siapapun bisa mengunduhnya secara gratis. interfacenya pun mudah.

Dahulu edit foto hanya bisa dikerjakan oleh software-software yang ada di komputer / edit foto PC. Sekarang edit foto sederhana seperti cropping atau meluruskan gambar miring pun bisa dilakukan dengan aplikasi edit foto android.

Pernah gak sih ngerasa gemes kalau melihat beberapa foto di media sosial  instagram  atau facebook, terlihat agak miring atau miring sekali.

Seperti foto pemandangan atau foto wisata suatu tempat.
Sehingga membuat estetika dan keindahan foto menjadi berkurang bahkan aneh.

Miring yang saya maksudkan di sini adalah horizon foto yang miring.

Apa itu horizon ?

Horizon atau cakrawala dalam seni merupakan titik terjauh yang mampu dijangkau oleh indera penglihatan kita atau garis  lurus sejajar dengan mata penikmat foto. Ini merupakan salah satu elemen penting dalam dalam fotografi. Sering juga disebut dengan garis pertemuan antara langit dan bumi.

Bermain di pantai
garis horizon yang terlihat jelas dan lurus

Batas horizon juga yang membuat kita memilih, mana yang ingin diberi proporsi lebih besar, bagian atas atau bawah, langit atau daratan.

Baca juga : Cara membersihakan lensa kamera ponsel

Aplikasi Edit Foto Android

Wajar sih sebenarnya dan ini sering terjadi saat kita memotret dengan kamera apapun. Kesalahan ini juga bisa dialami pengguna kamera pro maupun pemula. Kalau menurut saya lagi ini bisa saja terjadi karena kita merasa posisi kamera kita sudah lurus dan benar, tetapi ketika kita preview, ternyata foto yang dihasilkan miring.

Saya pernah mengalami hal tersebut, dalam kondisi tergesa saya tidak memperhatikan garis horizon dalam frame. yang saya pikirkan adalah bagaimana menempatkan objek atau subjek di dalam frame sehingga momen terabadikan.

Apalagi saya selalu menggunakan kamera smartphone untuk mengabadikan momen. Ditambah lagi ponsel pintar saya tidak tersedia gridlines.

Mau photo ulang, ya kali kalau bisa diulang kalau enggak. Seperti  tiba tiba ada kereta api lewat melintasi persawahan, ya langsung jepret aja gak mikir ini horisonnya udah pas atau belum. atau foto anak lagi pose bagus dengan latar belakang yang bagus, sementara batere Sony xperia saya mulai tidak bernyawa.

Baca juga : Trik memotret foto anak agar tidak terlihat wajah

Kalau sudah begitu,  satu cara yang bisa lakukan adalah melakukan edit. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan Photoshop, dan kini
edit foto miring bisa juga melalui aplikasi edit foto android.

Karena tidak punya kamera khusus, sony xperia lah yang menjadi andalan saya untuk mendokumentasikan kegiatan atau keseharian sekaligus mempublish hasil jepretan saya di facebook atau Instagram.

Jadi postingan kali ini saya akan membahas aplikasi edit foto android kekinian yang biasanya saya gunakan untuk meluruskan photo agar rapian dikit hehehe.

Baca juga : Anatomy edit dengan aplikasi edit foto kekinian

3 Aplikasi Edit Foto Android Yang Saya Gunakan

Karena sony xperia saya memorynya terbatas maka ada 3 aplikasi edit foto kekinian ini saja yang ada di smartphone saya.

VSCO Cam

Ini salah satu aplikasi edit foto kekinian yang menjadi favorit saya untuk edit tone hasil jepretan dari kamera ponsel.

Selain untuk cropping dan mengatur saturasi warna agar terlihat menarik , aplikasi VSCO cam ini juga bisa merapikan photo yang miring. Interfacenya juga mudah digunakan, filter filter VSCO cam juga kece.

Aplikasi VSCO
VSCO

Cara meluruskan foto yang miring di VSCO :

  1. Buka aplikasi VSCO
  2. Untuk menambahkan atau memilih foto yang akan diedit, tap tanda plus di sebelah kanan bawah.
  3. Lalu tap pada foto pilihanmu, setelah itu import.
  4. Lalu masuk ke bagian edit dengan tap ikon yang terletak di sebelah kanan bawah
  5. Pilih icon edit tools, lalu pilih adjust.
  6. Geser-geser tanda bar hingga foto terlihat tidak miring
  7. Save / publish

PicsArt

Picsart photo studio ini juga menjadi aplikasi edit foto android, yang saya pakai untuk meluruskan foto. Tetapi seringnya saya pakai VSCO karena saya senang melakukan edit tone warna dibanding edit photo dengan tambahan elemen grafis.

meluruskan foto dengan aplikasi edit kekinian dengan menggunakan Picsart
PicsArt
Cara meluruskan foto miring dengan aplikasi edit kekinian picsart
PicsArt

Cara meluruskan foto yang miring di Picsart :

  1. Buka aplikasi PicsArt
  2. Tap tombol plus untuk start editing.
  3. Pilih foto yang akan di edit.
  4. Pilih tools – crop
  5. Tap tanda  centang jika foto sudah sesuai
  6. Done.

Snapseed

Cara meluruskan fotoyang miring dengan mudah juga bisa dilakukan dengan aplikasi edit foto seperti Snapseed ini. Aplikasi edit foto Snapseed ini biasanya juga saya kombinasikan dengan VSCO Cam.

Cara meluruskan foto miring di snapseed :

  1. Buka aplikasi Snapseed
  2. Masukan foto / gambar yang akan diedit
  3. Tap ikon tools
  4. Pilih ikon perspective
  5. Rotate

Nah bagaimana, jadi jangan jengkel atau langsung melakukan delete ya kalau melihat hasil jepretan kita agak miring. Bersyukur kita hidup di jaman sudah serba digital sehingga sebelum photo dicetak atau diposting kita bisa mengeditnya terlebih dahulu.

Oiya apakah kalian mempunyai cara lain? Monggo berbagi di kolom komentar ya. Semoga tutorial receh saya ini bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares