Ketika Anak Meminta, Orangtua Selalu Mengabulkannya ?

motherhood
Sudah beberapa bulan terakhir ini Emil anak kami berpolah tingkah unik, semua kegiatan yang kami lakukan harus diulang dari awal, karena tidak ada keikut sertaan dia di sana. Seperti kejadian kemarin. Hari masih pagi, pintu, jendela dan tirai saya buka, Emil ( 3 th ) yang saya tengok setengah jam lalu masih terlelap diantara tumpukan bantal dan gulingnya tiba-tiba bangun, membuka pintu kamar secara cepat. (more…)
Read More

Perlu Tidak, Kata Jangan Kepada Anak ?

motherhood
“ mbak, kata buku parenting yang pernah aku baca, dibilang di situ katanya kalau ngomong sama anak kecil sebaiknya hindari kata jangan katanya bisa menghambat kreatifitasnya “ Hummm..saya yang kala itu sedang mengawasi Emil bermain di halaman sejenak menoleh ke arah adik saya ini. Bagi saya sendiri, tidak menggunakan kata jangan itu sangat sulit karena sudah terprogram sedemikian baiknya di dalam otak, apalagi untuk hal hal yang urgent, kata jangan itu di pikiran saya seperti alarm yang siap berdering kapan saja ketika sesuatu hal bisa membahayakan. (more…)
Read More

Menjadi Ibu Rumah Tangga Rempong Yang Bahagia.

motherhood
Iiih.. udah rempong kok pake bahagia sih? kalau mendengar kata rempong, itu adalah suatu hal yang ribet, serba repot, ruwet,rasanya kok jauh sekali dari kesan bahagia. Apalagi buat seorang Ibu rumah tangga, rempong sudah menjadi bagian dari profesi tersebut. Salah satu profesi mulia, yang belum tentu semua wanita mau melakukannya. (more…)
Read More

Sikap Orang Tua Ketika Anak Balita Mulai Bertindak Kasar

motherhood
Pernah gak sih kita jengkel sama anak orang, tapi demi menjaga sikap di depan anak kita dan orang lain keinginan untuk menghardik atau melotot ke arah anak tersebut menjadi sentuhan pelan dan ucapan lembut? saya pernah begitu, padahal hati masih gemes, duh! Emil dijambak Jadi cerita nya begini, seperti biasa saya membawa jalan jalan Emil keliling perumahan setiap sore atau pagi hari, saat itu umur Emil satu tahun setengah , karena kami tidak mempunyai stroller dan belum membelikan Emil sepeda roda tiga maka kami berdua jalan kaki santai saja di halaman perumahan. Tidak lama kemudian lewatlah seorang anak dengan pengasuhnya, anak tersebut naik mobil dorong berbahan plastik , usia anak tersebut sekitar 2 tahunan. Secara spontan Emil yang waktu itu memang selalu penasaran tingkat tinggi, datang menghampiri anak tersebut, dengan…
Read More

Apakah Anakku Speech Delay?

motherhood
“ loh gimana mau bisa ngomong ,kalau orang tuanya saja diem” “Emil, kamu belum bisa ngomong ya, pasti masih hew heew aja” “ iya itu di rumah orang tuanya diem, anak nya juga diem” --- Umur Emil saat itu 1 tahun lebih dan belum disapih, ketika anak seumurannya atau di bawahnya sudah bisa berkata dan mengikuti bahasa yang di ucapkan oleh orang tua nya, Emil  belum seperti itu, Emil hanya bisa bilang “ Ta..Ta..” untuk menunjuk dia mau minum teh. Selebihnya hanya suara atau melalui bahasa isyarat seperti menggelengkan kepala, menirukan gerakan orang lain atau bersuara mengikuti intonasi orang lain. Padahal kami di rumah selalu mengajak Emil komunikasi, mungkin intensitas komunikasinya rendah . Saya akui itu, karena saya lebih sibuk dengan gadget saya untuk ngurusin dagangan dan pak suami sibuk…
Read More

Menyapih, Menyedihkan Namun Harus Dilakukan

motherhood
Tibalah moment ini,  hampir 2 tahun saya menyusui Emil, rasanya baru kemarin Emil lahir, saya susui hingga badannya yang awalnya kecil ringkih sampai menjadi bulet padet, padahal hanya konsumsi susu ASI saja, hampir gak percaya saya bisa memberikan ASI ekslusif dan sekarang adalah waktunya saya harus menyapih. Baca :Bapak memandikan  bayi, ibu meng-ASI Beberapa bulan lagi usianya sudah 2 tahun. Saya komunikasikan hal tersebut kepada pak suami, pak suami pun menyanggupi untuk bekerjasama. Selama ini Emil selalu tidak bisa lepas dari menyusu langsung ke saya, setelah makan harus nenen, mau tidur harus nenen, galau, gelisah dan bête si bayi juga minta nenen dan nenen pun sudah menjadi pegangan hidup si bayi. "mimik..mimik..mimik" kalimat mantra Emil untuk membuka gentong ajaib Untungnya selama menyusui, Emil selalu memilih tempat untuk menikmati ASI nya,…
Read More

Cara Random Mamak Ratu Tega – Menyapih Siang Hari  

motherhood
  Cerita sebelumnya : Menuju Proses Menyapih ... Beberapa hari saya berhasil membuat Emil tidak menyusu di siang hari, saat itu 2 bulan menjelang umur Emil 2 tahun, saya dan pak suami selalu sibukkan ia dengan bermain dan makan cemilan sampai lelah dan tertidur karena kecapaian. Terkadang saya juga menghilang dari pandangan Emil, sembunyi di balik tumpukan baju kering yang belum dilipat, sementara Emil sibuk bermain sama bapaknya sampai lelah, pokoknya jangan sampai Emil lihat dan ingat kalau dia belum menyusu ke induknya. Namun itu tidak berlangsung lama , perkiraan saya meleset, sehingga saya harus bermain drama dan menyodorkan PD saya lagi. Saat itu Semua teori menyapih yang saya pernah saya baca di grup dan media online saya kesampingkan sejenak. Yang ada dalam pikiran saya saat itu "Emil sudah saat…
Read More

Berbagai Pertimbangan Membeli Perlengkapan Bayi ( Perlu dan Tidak Perlu Dibeli )

motherhood
“ Perlengkapan lahiran Emil belum lengkap loh pak, masih ada yang perlu dibeli” Yah begitulah dilema saya 2 tahun lalu sebagai ibu yang sedang menghadapi kehamilan pertamanya dengan tingkat insting belanja semakin meningkat pesat, semua dilirik, apa lagi kalau liat barang di mall dan online shop yang ini itu serba lucu, duh gemes pengen beli buat si buah hati nanti. Gak sabar rasanya menunggu kelahiran anak pertama, pengen memakaikan si kecil pakaian yang lucu lucu dan menggemaskan, jalan jalan setiap pagi dengan stroller seperti mamah muda masa kini, melihat si bayi tidur dengan nyaman di box bayinya dengan mainan lucu muter muter di atas kepalanya..Ahhhh senangnya. Tapi perlu gak sih? Penting gak sih? bingung. “ya..nanti dipertimbangkan lagi perlu beli gak barang itu apalagi harganya juga gak murah, tapi kalau sekiranya…
Read More

Menuju Proses Menyapih ( Terbang ke Balikpapan )

motherhood
Lebaran tahun lalu (2016) giliran saya mengunjungi ibu dan bapak di Balikpapan ini pertama kalinya Emil terbang naik pesawat, diumurnya yang sudah menginjak 13 bulan, setelah tahun sebelumnya kami merayakan lebaran di rumah Sidoarjo  bersama si bayi yang baru berusia beberapa minggu dan lingkungan perumahan yang sudah banyak ditinggal mudik penghuninya. “Emil nanti kalau di pesawat sebelum take off di susu kan dulu mba, biar terhindar dari sakit telinga, kan biasanya mesin pesawat ngganggu pendengaran” saran tetangga, ketika saya pamitan mau mudik “nak kamu ga ingin menyusu kah” karena saya khawatir telinga nya akan sakit, saya tawarkan lagi untuk menyusu namun emil tidak tertarik, dia lebih tertarik melihat lalu lalang orang di dalam pesawat dan pemandangan jendela, okelah akhirnya saya sodorkan biscuit dan air putih saja untuk jadi cemilan selama…
Read More