Woning voor Agent van Javasche Bank : Merawat Jejak Kolonial di Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya

Blog, catatan, Catatan Kaki
Akhirnya saya memutuskan untuk berkunjung ke perpustakaan,  ketika beberapa lektur digital yang saya temukan di dunia maya tidak banyak membantu menarik ide dari dalam kepala. Emil anak kami yang masih berusia 3 tahun, dengan sedikit kesusahan merapal sebagian perkataan, ketika saya hendak mengajaknya jalan-jalan, bukan ke taman bermain atau mall. (more…)
Read More

Gilimanuk -Ketapang : Abang Becak Pembalap dan Hampir Tertinggal Kereta

catatan, Catatan Kaki
60 menit yang lalu,  kami, khususnya saya berdoa dan ‘berpusing ria’ di atas  kapal penyeberangan Gilimanuk – Ketapang,  berfikir mencari  alternatif tranportasi pengganti jika memang kami tertinggal kereta api pagi. Pikiran saya berlompatan sedangkan pak suami lebih memilih tidur di kursi kapal,pasrah dan ikhlas jika tertinggal kereta, sedangkan Emil sibuk melepas pasang stiker Krisna – salah satu toko oleh-oleh di Bali - yang ditempel penumpang sebelumnya di kursi kapal . Cuaca cerah laut tenang, tapi hati saya tidak. (more…)
Read More

Pilah Pilih Buku Anak di BBW Surabaya

Catatan Kaki, Tips
  Hari itu saya merasa bungah sekali, sangking bungahnya saya rela melewatkan jadwal posyandu yang rutin saya ikuti setiap Senin awal bulan. “ Mamanya Emil ini paling rajin kalo ada Posyandu “ kata ibu RT ketika itu, saat melihat saya datang bersama Emil yang akhirnya mau saya gandeng setelah saya bujuk rayu akan mendapat bingkisan mainstream ala Posyandu – bubur kacang hijau. Namun untuk kali ini, saya absen Posyandu dulu. (more…)
Read More

Main ke Kebun Binatang Surabaya, Naik Suroboyo Bus

catatan, Catatan Kaki
Kalau saya ingat lagi, pertama kali saya ke Bon Bin Surabaya ( kebon binatang ) , ketika usia saya masih di bawah 10 tahun, kok tahu ?  saya hanya mengira ngira saja, dari berkas photo berwarna yang sedikit terlihat usang dan hampir tidak utuh pinggirannya. Seorang anak dengan topi lonceng dan celana pendek model kodok, nyengir sampai terlihat gigi-giginya yang tampak tidak rata, berdiri di samping seorang wanita  yang berpose cool,  berdandan ala 90-an  dengan dress motif garis-garis kecil dan kacamata besar berlensa coklat. (more…)
Read More

Berwisata Sejarah Murah, Tugu Pahlawan Surabaya

Catatan Kaki
Sangking nyamannya Suroboyo Bus ini, saya hampir galau memutuskan berhenti atau ikut kemana bis ini pergi. Maringene mandek nang halte Pasar Turi “ mbaknya bisa berhenti di sini nanti kalau mau ke Tugu Pahlawan tinggal nyebrang aja, tuh kelihatan tugunya, biasanya kalo hari tertentu, Tugu Pahlawan ini rame mba, kalau hari biasa kayak gini sepi “  kata ibu ibu yang hendak turun di Pasar Turi Kami pun membuang pandangan ke luar jendela bus, nampak sebuah tugu berwarna putih seperti paku terbalik, menjulang tinggi dan tampak kokoh,  kalau kata anak kami, Emil ( 3 th ) bangunan ini, ia sebut pensil. (more…)
Read More

Mlaku – Mlaku Bus Suroboyo, Bayar Pakai Sampah

Catatan Kaki
Setelah cukup lama hanya melihat dan membaca, postingan orang-orang yang sudah mencoba Bus Suroboyo,  di Instagram, blog dan youtube, akhirnya saya keturutan juga menjajal bis yang kerap disebut Tayo – nama salah satu karakter kartun bis bewarna merah - oleh beberapa penumpang yang bepergian dengan anak balitanya Hai Tayo, hai Tayo, dia bis kecil ramah, Melaju, melambat, Tayo selalu senang Suroboyo Bus ini  diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada  bulan April 2018 lalu, sedangkan saya baru mencobanya 5 bulan setelahnya. (more…)
Read More

Tips Nyaman Naik Kereta Api Bersama Balita

catatan, Catatan Kaki, Tips
Bepergian bersama anak yang masih kecil itu bukanlah suatu persoalan yang mudah, apalagi jika anak kita terhitung cukup aktif, termasuk untuk kami yang memang bukan keluarga yang sering plesiran. Kami lebih banyak ndekem dalam rumah, tapi jika ada kesempatan, waktu, dana atau kami disuruh pulang segera kekampung halaman, ya kami lakukan. Alhamdullilah, bulan february 2018 lalu kami pulang ke kampung halaman pak suami di Bali, untuk menuju kesana biasanya kami tempuh dengan Bis atau Kereta Api, dengan waktu perjalanan sekitar 6 jam. (more…)
Read More

Bepergian Dengan Bayi 7 Bulan Menggunakan Bis Antar Kota, Surabaya – Malang – Surabaya

catatan, Catatan Kaki, Tips
Saya ingin mengingat-ingat terlebih dahulu, pertama kali saya ‘nekad’ naik bis sendirian bersama Emil adalah ketika usianya masih sekitar 7 bulan. Latar belakang apa, kok memutuskan naik bis berdua saja bersama si kecil ? Sumpek sodara hahaha..iya saya sedikit sumpek dengan beberapa omongan tetangga yang bilang Emil takut liat orang karena saya jarang ngumpul.– baca : nonggo, ngerumpi. " makanya dong Emil bertetangga " ucap seseorang ketika melihat anak saya menangis karena saya dudukan di atas karpet miliknya. Karpet, anak menangis akibat saya yang dianggap tidak pernah bertetangga, apa hubungannya ! Duh pupus hati saya, padahal saya main-main kerumah tetangga depan, mau cari teman buat ngobrol malam itu, eh malah disindir begitu. (more…)
Read More

Pengalaman Naik Pesawat Dengan Balita 2,5 tahun #2

catatan, Catatan Kaki, Tips
Biasanya saya kalau bepergian jauh selalu gandeng renteng dengan pak suami, kali ini saya mencoba ‘menguji nyali ‘ pergi berdua saja dengan bocah yang masih tahap toilet training, walaupun tujuan juga tidak jauh, Surabaya – Balikpapan dengan perkiraan waktu terbang sekitar 2 jam tetep saja..dag dig dug..plas. Perjalanan ini saya lakukan sekitar bulan Februari tahun 2018. Beberapa minggu sebelum keberangkatan, saya mulai mempersiapkan segala hal yang diperlukan, mulai dari tiket, barang bawaan dan mempersiapkan diri jika muncul hal-hal yang tidak diinginkan, misal anak rewel gak mau jauh dari bapaknya, muntah, pipis atau tiba tiba BAB ( buang air besar ) di pesawat. Mendekati hari H keberangkatan, munculah kekhawatiran yang membuat saya mulai sedikit gak pede, karena ini pertama kalinya saya bepergian berdua saja menggunakan transportasi udara bersama bocah yang lagi…
Read More

Menyusuri Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan

Catatan Kaki
Handphone saya yang tergeletak di atas meja kecil di pinggir kamar, tiba tiba berbunyi, saya yang saat itu sedang membaca sebuah buku novel lama segera saja meraih dan membaca pesan yang masuk disana. “ gaes..(( cailah pake gaes )) gimana kalo ke mangrove centernya ditunda aja, cuaca Balikpapan lagi gak menentu, apalagi bawa bocah ” Langit seketika mendung, iya juga ya, cuaca Balikpapan gak jelas begini, pagi cerah bisa jadi sore hujan..haduuhhh.. (more…)
Read More