Woning voor Agent van Javasche Bank : Merawat Jejak Kolonial di Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya

Blog, catatan, Catatan Kaki
Akhirnya saya memutuskan untuk berkunjung ke perpustakaan,  ketika beberapa lektur digital yang saya temukan di dunia maya tidak banyak membantu menarik ide dari dalam kepala. Emil anak kami yang masih berusia 3 tahun, dengan sedikit kesusahan merapal sebagian perkataan, ketika saya hendak mengajaknya jalan-jalan, bukan ke taman bermain atau mall. (more…)
Read More

Gilimanuk -Ketapang : Abang Becak Pembalap dan Hampir Tertinggal Kereta

catatan, Catatan Kaki
60 menit yang lalu,  kami, khususnya saya berdoa dan ‘berpusing ria’ di atas  kapal penyeberangan Gilimanuk – Ketapang,  berfikir mencari  alternatif tranportasi pengganti jika memang kami tertinggal kereta api pagi. Pikiran saya berlompatan sedangkan pak suami lebih memilih tidur di kursi kapal,pasrah dan ikhlas jika tertinggal kereta, sedangkan Emil sibuk melepas pasang stiker Krisna – salah satu toko oleh-oleh di Bali - yang ditempel penumpang sebelumnya di kursi kapal . Cuaca cerah laut tenang, tapi hati saya tidak. (more…)
Read More

Pilah Pilih Buku Anak di BBW Surabaya

Catatan Kaki, Tips
  Hari itu saya merasa bungah sekali, sangking bungahnya saya rela melewatkan jadwal posyandu yang rutin saya ikuti setiap Senin awal bulan. “ Mamanya Emil ini paling rajin kalo ada Posyandu “ kata ibu RT ketika itu, saat melihat saya datang bersama Emil yang akhirnya mau saya gandeng setelah saya bujuk rayu akan mendapat bingkisan mainstream ala Posyandu – bubur kacang hijau. Namun untuk kali ini, saya absen Posyandu dulu. (more…)
Read More

Ketika Anak Meminta, Orangtua Selalu Mengabulkannya ?

motherhood
Sudah beberapa bulan terakhir ini Emil anak kami berpolah tingkah unik, semua kegiatan yang kami lakukan harus diulang dari awal, karena tidak ada keikut sertaan dia di sana. Seperti kejadian kemarin. Hari masih pagi, pintu, jendela dan tirai saya buka, Emil ( 3 th ) yang saya tengok setengah jam lalu masih terlelap diantara tumpukan bantal dan gulingnya tiba-tiba bangun, membuka pintu kamar secara cepat. (more…)
Read More

Review : Micro Trike vs Magic Stroller, Pilih yang Mana ?

catatan, Review
  Postingan sebelumnya saya sudah mereview tentang Micro Trike dari Micro Scooters, tentang kelebihan dan kekurangannya. Bisa lihat postingannya di sini : Jalan-Jalan Menyenangkan dengan Micro Trike Stroller Kalau saya memilih, saya lebih suka dengan Micro Trike. Saya kira ini adalah stroller yang beda dibanding stroller pada umumnya, gak ada yang menyamai atau memproduksi dalam bentuk serupa. Sampai saya menemukan salah satu toko online yang juga menjual ‘micro trike’ dengan bentuk yang hampir sama. (more…)
Read More

Review : Jalan-Jalan Menyenangkan dengan Micro Trike Stroller

catatan, Review
Ketika hamil, saya pernah berencana untuk membeli stroller, namun ketika Emil lahir, dengan berbagai pertimbangan kamipun berubah pikiran. “ Kayaknya kita gak perlu stroller deh “ Jadilah kami selama tiga tahun ini, sama sekali tidak mengenalkan stroller kepada Emil , bayi Emil lebih banyak kami gendong dengan jarik, selendang motif batik pemberian saudara dan ibu saya. (more…)
Read More

Main ke Kebun Binatang Surabaya, Naik Suroboyo Bus

catatan, Catatan Kaki
Kalau saya ingat lagi, pertama kali saya ke Bon Bin Surabaya ( kebon binatang ) , ketika usia saya masih di bawah 10 tahun, kok tahu ?  saya hanya mengira ngira saja, dari berkas photo berwarna yang sedikit terlihat usang dan hampir tidak utuh pinggirannya. Seorang anak dengan topi lonceng dan celana pendek model kodok, nyengir sampai terlihat gigi-giginya yang tampak tidak rata, berdiri di samping seorang wanita  yang berpose cool,  berdandan ala 90-an  dengan dress motif garis-garis kecil dan kacamata besar berlensa coklat. (more…)
Read More

Berwisata Sejarah Murah, Tugu Pahlawan Surabaya

Catatan Kaki
Sangking nyamannya Suroboyo Bus ini, saya hampir galau memutuskan berhenti atau ikut kemana bis ini pergi. Maringene mandek nang halte Pasar Turi “ mbaknya bisa berhenti di sini nanti kalau mau ke Tugu Pahlawan tinggal nyebrang aja, tuh kelihatan tugunya, biasanya kalo hari tertentu, Tugu Pahlawan ini rame mba, kalau hari biasa kayak gini sepi “  kata ibu ibu yang hendak turun di Pasar Turi Kami pun membuang pandangan ke luar jendela bus, nampak sebuah tugu berwarna putih seperti paku terbalik, menjulang tinggi dan tampak kokoh,  kalau kata anak kami, Emil ( 3 th ) bangunan ini, ia sebut pensil. (more…)
Read More

Trik Mengetahui Siapa Unfollow Instagrammu

catatan, Tips
Pernah gak sih kita melihat  followers instagram kita berkurang,  apalagi kalau jumlah followers instagram kita berjumlah hanya puluhan atau ratusan seperti saya, kerasa banget sist..hahaha Atau kita udah banyak following orang yang ‘sehati’ tapi kok jumlah followers kita segitu aja. Saya pernah diskusikan ini ke pak suami dan pak suami jawab  “ngapain sih ambil pusing sama jumlah followers kita” (more…)
Read More

Mlaku – Mlaku Bus Suroboyo, Bayar Pakai Sampah

Catatan Kaki
Setelah cukup lama hanya melihat dan membaca, postingan orang-orang yang sudah mencoba Bus Suroboyo,  di Instagram, blog dan youtube, akhirnya saya keturutan juga menjajal bis yang kerap disebut Tayo – nama salah satu karakter kartun bis bewarna merah - oleh beberapa penumpang yang bepergian dengan anak balitanya Hai Tayo, hai Tayo, dia bis kecil ramah, Melaju, melambat, Tayo selalu senang Suroboyo Bus ini  diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada  bulan April 2018 lalu, sedangkan saya baru mencobanya 5 bulan setelahnya. (more…)
Read More